Sejak Tahun 1992 Pipa Milik PDAM Pandeglang Belum Diganti

    Sejak Tahun 1992 Pipa Milik PDAM Pandeglang Belum Diganti

    Untuk mengatasi kebocoran yang kerap terjadi, Pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cikoromoy-Pandeglang harus segera diganti untuk memenuhi pelayanan maksimal pada masyarakat pelanggan. Pasalnya, sering terjadi tersendatnya pendistribusian air bersih itu akibat banyak kebocoran dibeberapa titik pipa yang dibangun sejak tahun 1992 mulai dari sumber Cikoromoy hingga wilayah kota Pandeglang tersebut.

    Menurut Muksinin Iksan selaku Kepala Bidang Tehnik pada Perusahaan umum daerah air minum (Perumdam) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, bahwa sejak dibangunnya pipa pendistribusian air bersih dari mulai Cikoromoy hingga wilayah kota Pandeglang pada tahun 1992 dari bantuan Bank Dunia melalui pemerintah pusat hingga saat ini belum diganti, sehingga banyak terjadi kebocoran dibeberapa titik yang wilayahnya ekstrim.

    "Kita baru bisa melakukan pergantian pipa lama itu sepanjang 2 kilometer dari mulai Cikoromoy sampai Batubantar Kecamatan Cimanuk mengingat kemampuan anggaran, " terang Muksinin yang saat itu didampingi Hendi Kusmawan selaku Kepala Bagian Hubungan Pelanggan kepada media, Selasa (10/10/2023).

    Dikatakannya, untuk tetap memaksimalkan pelayanan pada masyarakat pihaknya selalu bergerak cepat melakukan perbaikan dibeberapa titik kebocoran yang sering terjadi di wilayah kota Pandeglang.

    "Yah benar pegawai bidang tehnik Perumdam siang malam tidak kenal lelah bekerja melakukan perbaikan kebocoran yang sering terjadi. Dan selama perbaikan pengiriman air melalui mobil tangki kebeberapa pelanggan terus kita lakukan untuk memberikan pelayanan maksimal, " katanya.

    Lanjut Muksinin, untuk melakukan pergantian pipa lama itu sekitar 15 kilometer dari mata air Cikoromoy sampai kota Pandeglang dan membutuhkan anggaran yang cukup besar.

    "Kita berharap setiap tahun ada pembangunan perbaikan untuk mengganti pipa lama itu dari mulai mata air Cikoromoy, " ujarnya.

    Sementara Kepala Bagian Hubungan masyarakat (Kabag Humas) Perumdam Tirta Berkah Pandeglang, Lilis Suwartini mengatakan selama ini pihaknya terus menyalurkan air bersih selain kepada pelanggan yang diakibatkan oleh gangguan kebocoran yang kerap terjadi, juga menyalurkan air bersih pada masyarakat yang dilanda kekeringan dibeberapa wilayah di Kabupaten Pandeglang.

    "Kami dari Perumdam Tirta Berkah Pandeglang berupaya memaksimalkan pelayanan pada pelanggan akibat adanya gangguan kebocoran pipa yang tidak terduga dengan mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki. Begitu juga berupaya membantu masyarakat akibat kekeringan terus menerus sesuai intruksi Bupati Pandeglang, " tukasnya.***

    Asep Ucu SN

    Asep Ucu SN

    Artikel Sebelumnya

    Soal Sekolah Kebutuhan Khusus ! Sejumlah...

    Artikel Berikutnya

    Semangat 'Jihad' Inspektorat Pandeglang...

    Berita terkait